11 Des 2015

Alat Ukur Listrik


Hai sahabat dunia elektro berjumpa lagi dengan saya ^_^. kali ini saya akan membahas tentang alat ukur listrik. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang alat ukur listrik maka kita perlu tau pengertian tentang alat ukur itu sendiri. Oke langsung aja saya jelaskan apa itu alat ukur, alat ukur adalah suatu alat yang digunakan untuk membandingkan suatu objek dengan objek lain yang telah ditentukan dengan acuan yang sudah disepakati dunia sehingga menghasilkan ukuran yang seragam . sehingga dapat kita simpulkan bahwa alat ukur listrik adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui suatu ukuran dalam besaran listrik  tertentu.
Oke jika sudah paham tentang pengertian alat ukur berikutnya kita bahas tentang besaran-besaran yang akan kita gunakan dalam pengukuran listrik untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel berikut ini :

Setelah memahami macam – macam besaran listrik, berikutnya kita akan membahas tentang macam-macam alat ukur yang digunakan untuk pengukuran listrik dan berikut adalah macam-macam alat ukur listrik beserta penjelasan singkat tentang fungsi dari alat ukur tersebut
1.  Volt meter : Volt meter adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur beda potensial (tegangan).
2.       Ampere meter : Ampere meter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukura kuat arus listrik pada suatu rangkaian listrik.
3.     Ohm meter : Ohm meter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur suatu hambatan (ohm).
4.  Multimeter atau AVO meter : adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur tegangan (V), kuat arus(I), dan juga Hambatan (ohm).
5.  Osciloscope : adalah alat bantu yang dapat digunakan untuk menampilkan bentuk atau tingkah laku gelombang yang berubah-ubah terhadap waktu sehingga kita bisa mengetahui bentuk gelombang, beda fasa, frekuensi, periode dan tegangan.
6.    Tangamper : tang amper adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kuat arus pada rangkaian tanpa harus memotong kabel pada rangkaian tersebut.
7.   Watt meter : yaitu alat ukur yang diguankan untuk mengukur suplay energi listrik dalam satuan Watt
8.    KWHmeter : adalah alat yang digukan untuk mengetahui besar energi yang dipakai biasanya dipasang PLN pada rumah rumah warga untuk mengatuhuin besar konsumsi tenaga listrik yang digunakan oleh warga atau konsumen listrik .

Oke sahabat dunia elektro itu saja sedikit postingan saya tentang Alat ukur listrik untuk penjelasan lebih jelasnya tentang fungsi dan cara penggunaan dari macam-macam alat ukur listrik tunggu postingan saya berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com