9 Des 2015

Penguat Inverting Op - Amp

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Oke sahabat Dunia Elektro kali ini saya akan menshare sedikit pengetahuan saya tentang penguat inverting seperti yang saya bahas pada postingan sebelumnya yaitu tentang Operational Amplifier atau Op-Amp dimana Op-amp ini banyak diaplikasikan dalam berbagai rangkaian elektronika seperti : penguat inverting, Non-inverting, integrator diferensial dan lain-lain.
Penguat inverting merupakan penguat yang mempunyai karakteristik dimana sinyal input dan outputnya mempunyai beda fasa sebesar 180pada penguat inverting ini rangkaiannya sangatlah sederhana hanya terdiri dari sebuah Op-Amp dan 2 resistor untuk lebih jelasnya tentang rangkaian penguat iverting ini maka berikut adalah gambar rangkaiannya

Gambar 1. Rangkaian Penguat Inverting

Dari gambar diatas maka kita dapat mencari rumus untuk menghitung Voutnya dengan persamaan berikut ini :

Kemudian dari dua rumus yang peroleh kita subtitusikan 
Kemudian setelah diketahui rumus untuk mencari Voutnya maka kita dapat menegtahui rumus penguatannya yaitu :
(catatan : tanda  minus (-) menunjukkan perbedaan fasa sebesar 180o)

sehingga Karakteristik bentuk gelombangnya adalah sebagai berikut ini :


Gambar 2. gelombang hasil gelombang penguat Ineverting

Gambar diatas merupakan hasil simulasi yang saya lakukan menggunakan software multisim. terlihat bahwah antara gelombang input (warana merah) dan gelombang output (warna biru) berebeda fasa 180. dimana rangkaian invertingnya saya gunakan penguatan 2 kali sehingga gelombang output akan 2 kali dari gelombang input .
Oke sahabat Dunia Elektro demikianlah sedikit ilmu yang saya bagikan semoga bermanfaat buat sahabat - sahabat sekalian. bila ada kesalahan-kesalahan saya mohon maaf dan mari kita diskusikan .demikian dari saya sampai bertemu lagi di postingan berikutnya 

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com