21 Des 2015

Thermistor NTC dan PTC

(Gambar.1 Thermistor PTC dan NTC)

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Oke Sahabat Dunia Elektro jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memposting tentang Thermistor yaitu NTC dan PTC. Oke sekarang apa itu Thermistor..??? Thermistor atau Thermal Resistor merupakan resistor dimana nilai hambatannya akan berubah sesuai suhu yang diterima oleh Thermistor. Thermistor yang sering digunakan ada dua jenis yaitu NTC dan PTC. 
(Gambar.2 Simbol PTC dan NTC)

NTC (Negative Temprature Coefficient) merupakan variable resistor dimana nilai hambatannya akan berubah sesuai dengan suhu disekitarnya jika suhunya tinggi maka nilai hambatannya akan semakin kecil namun jika suhunya semakin rendah maka nilai hambatannya akan semakin besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hambatan pada resistor NTC berbanding terbalik dengan suhu disekitarnya 

(Gambar.3  Komponen NTC)

PTC (Positive Temprature Coefficient) ini merupakan variable resistor yang nilai hambatannya akan berubah sesuai dengan suhu disekitarnya, namun PTC bedanya dengan NTC pada PTC hambatannya akan naik jika suhu disekitarnya juga naik dan hambatannya juga akan turun jika suhu disekitarnya juga turun. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai hambatan PTC berbanding lurus dengan suhu disekitarnya.

(Gambar.4 Komponen PTC)

Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui bahwa PTC dan NTC mempunyai perbedaan yang mendasar diantara keduanya yaitu perbedaan pada kenaikan hambatan terhadap suhu yang yang ada disekitarnya, dimana untuk PTC besar hambatannya berbanding lurus dengan kenaikkan suhu sedangkan NTC berbanding terbalik dengan kenaikkan suhu. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar grafik  karakteristik perubahan hambatan terhadap suhu untuk PTC dan NTC.


(Gambar. 5 Grafik Karakteristik PTC dan NTC)

PTC dan NTC merupakan komponen elektronika yang sangat penting karena NTC dan PTC ini dapat diaplikasikan sebagai sensor suhu yang biasanya dimanfaatkan untuk pendinginan pada mesim-mesin industri ataupun sebagi sensor suhu untuk pengatur suhu suatu ruangan. 






2 komentar:

  1. maaf boss, kalau ptc untuk pengatur suhu / mengatur lampu ac yg bagaimana harus digunakan?

    BalasHapus
  2. Saya mo bikin mesin tetas tlur biar suhu tetap ok pake ptc mdl apa?

    BalasHapus

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com